Inilah Lagu Yang Diluncurkan D’Academy Untuk Sang Juara (Mp3 & Video)

Konser grand final babak 2 besar Dangdut Academy (Dacademy) 30 Mei 2014 diakhir dengan promo tidak resmi (pre-launching) atau peluncuran lagu Dangdu terbaru yang diciptakan secara spesial kepada sang juara. Lagu yang berjudul Kejora ini memang sengaja disiapkan oleh pihak Indosiar, khususnya tim Dacademy untuk dipersembahkan kepada sang juara nantinya. Siapakah yang paling pantas mendapatkan dan meluncurkan lagu tersebut, apakah ATY ataukah LESTI. Kita tunggu saja kabar pengumumannya pekan depan di hari dan jam yang sama dan tentunya di acara yang paling fenomenal di 2014 ini.

Saya menilai lagu yang merupakan ciptaan Nurbayan (pencipta lagu koplo terkenal seperti Oplosan, Pokoke Joget Dll) cukup bagus dan cocok dinyanyikan, baik oleh Lesti ataupun Aty. Keduanya memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masing. Lagu ini sendiri sangat di luar dugaan saya. Saya mengira kalau lagu yang biasanya diciptakan oleh Nur Bayan adalah lagu yang berirama cepat, rancak, riang dan bergenre koplo, sebagaimana lagu-lagu yang sering ia ciptakan seperti Oplosan dan Pokoke Joget. Romantis, sendu, melankolis dan bertempo sangat lambat menjadi ciri khas lagu yang diluncurkan di D’Academy untuk calon  juara tadi malam.

Meskipun ini baru promo tidak resmi dari tim D’Academy, namun minat masyarakat untuk menyaksikan ataupun mendengarkan lagu baru ini cukup antusias. Hal ini terbukti dengan jumlah tayang di beberapa video di youtube sudah mencapai ribuan untuk waktu yang belum genap 24 jam ini.  Inilah video saat lagu Kejora ini diluncurkan di konser D’academy grand final babak 2 besar jelang ditutupnya acara tersebut.

Download versi mp3 : Lesti Ft Aty – Kejora.mp3

Bagaimana sobat Dangduter?. Saya sendiri salut dengan keberanian Tim D’academy yang kekeuh meluncurkan lagu-lagu bernuansa melo. Padahal seperti kita ketahui, lagu-lagu seperti itu sekarang kurang begitu banyak peminatnya. Terlebih, masyarakat saat ini juga sedang demam dan gandrung dengan lagu-lagu beraliran koplo yang berirama rancak, riang dan pokoknya asyik untuk joget. Sementara lagu Kejora ini sepertinya cukup sulit untuk dibuat joget. Dan lebih cocok didengarkan sebagai musik atau lagu pengantar tidur.

Saya sendiri sebenarnya sangat mendukung lagu-lagu seperti itu kembali merebut perhatian masyarakat seperti ketika meledaknya lagu-lagu melo di era 90an dan awal 2000an seperti Selamat Malam atau Suara Hati, Trauma dan sebagainya. Karena fungsi lagu itu bermacam-macam, tidak melulu untuk berjoget. Tapi juga bisa digunakan sebagai teman istirahat, teman belajar dan bekerja dan lain-lain. Kira-kira bagaimanakah prospek lagu yang memang khusus dipersembahkan kepada sang juara D’Academy? Mampukah lagu ini bersaing di pasaran dengan lagu Dangdut bergenre lain ataupun aliran musik lain. Menarik untuk kita tunggu gebrakan lagu ini.